26 Juni 2009

Tugas Observasi (Jarkom Warnet Alibaba)

STRUKTUR JARINGAN KOMPUTER
PADA WARNET “ALIBABA
(GAME CENTER DAN INTERNET)”


BAB I
PENDAHULUAN

I.1 LATAR BELAKANG

Pada zaman sekarang ini perkembangan di dunia usaha dan industry sangatlah cepat. Disamping itu ditengah pesatnya perkembangan usaha dan industry sangat diperlukan adanya teknologi komputer untuk mendukung perkembangan dunia usaha dan industry. Maka dari itu teknologi komputer juga harus berkembang, baik di bidang software, hardware maupun jaringan.

Dalam dunia usaha dan industry teknologi komputer sangatlah dibutuhkan khususnya di bidang jaringan komputer. Jaringan komputer pada hakekatnya adalah dua komputer atau lebih yang terhubung satu dengan yang lainnya. Perangkat yang dapat dihubungkan tidak terbatas pada komputer saja, melainkan termasuk printer dan perangkat-perangkat keras lainnya. Sebagai penghubung dapat digunakan kabel atau media lain yang tidak menggunakan kabel, misalnya gelombang radio dan sinar inframerah.

Adapun Tujuan dari jaringan komputer adalah:

Selanjutnya adalah macam-macam topologi jaringan. Topologi jaringan adalah tata letak atau layout suatu jaringan. Ada beberapa topologi jaringan yang dikenal yaitu :

  • Mesh
  • Bus
  • Ring
  • Star

Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa sebuah jaringan merupakan satu hal yang diperlukan dalam dunia usaha maupun industry. Dalam hal ini akan dibahas tentang struktur jaringan komputer yang ada di warnet “ALIBABA (Game center dan Internet)”.


BAB II
PENJELASAN KONDISI NYATA DI LAPANGAN

II.1. KONDISI JARINGAN KOMPUTER

Pada tugas makalah kali ini saya akan menjelaskan tentang keadaan jaringan yang ada di warnet “ALIBABA GAME CENTER DAN INTERNET”. Warnet ini menyediakan jasa :

  • Pengetikan
  • Internet
  • Game online
  • Print

Warnet ALIBABA menggunakan tarif sebesar Rp. 3500,- per jam untuk biaya rental internet. Dengan tarif sebesar itu pelanggan bisa menyewa internet atau bermain game online. Selain itu warnet ini juga memfasilitasi ruangan dengan AC (Air Conditioner). Warnet ini buka 24 jam.

Selain itu perangkat-perangkat yang digunakan untuk membentuk suatu jaringan komputer pada warnet ini diantaranya adalah :

  • 29 unit PC dan Monitor
  • 2 unit HUB
  • 2 unit switch
  • 1 unit modem
  • Kabel UTP
  • 1 unit printer

Pada jaringan komputer yang ada di “ALIBABA” terdapat 28 unit PC, 1 unit printer, 1 unit modem, 1 unit switch dan 2 unit HUB dan menggunakan kabel UTP (straight) dari clien ke HUB dan dari switch ke server. Sedangkan dari HUB ke switch menggunakan kabel cross.

Setelah disurvei ternyata system jaringan di warnet ini cukup baik, karena kecepatan akses data maupun akses browsing di internet. Akses internet yang digunakan menggunakan provider SPEEDY. Selain itu warnet ALIBABA ini ternyata masih ada kekurangannya, yaitu terletak pada perangkat keyboardnya. Karena ada beberapa tombol pada keyboard yang tidak berfungsi.

II.2. DESIGN JARINGAN DAN PENEMPATAN KOMPUTER

Berikut ini adalah gambar dari design jaringan dan penempatan komputer baik clien maupun server serta perangkat-perangkat jaringan komputernya.

II.3 LOGIKA JARINGAN KOMPUTER

Berikut ini adalah gambar dari logika jaringan komputer di warnet ALIBABA. Gambar ini menjelaskan bagaimana suatu jaringan bekerja. Dengan logika ini kita bisa mengetahui apakah jaringan yang akan kita buat dapat terekoneksi dengan baik atau tidak. Selain itu kita juga bisa mengetahui berapa kecapatan yang dibutuhkan pada suatu jaringan dalam sekali transfer /sharing data. Gambar ini dibuat dengan menggunakan software PACKET TRACER. Berikut gambarnya.

Keterangan :

Pada design yang dibuat di MS. OFFICE VISIO dengan di PACKET TRACER ada perbedaan sedikit. Jika di MS. OFFICE VISIO, HUB yang digunakan hanya 2 buah, sedangkan HUB yang digunakan di PACKET TRACER sebanyak 6 buah. Kenapa demikian?? Karena port yang ada pada HUB di PACKET TRACER hanya ada 6 port, sedangkan PC yang ada berjumlah 28 PC termasuk server. Oleh sebab itu HUB yang digunakan di PACKET TRACER mengggunakan 6 HUB.


BAB III
PENUTUP

III.1 KESIMPULAN

Setelah diamati dan dilakukan survey pada warnet ALIBABA, dapat ditarik beberapa kesimpulan diantaranya adalah :

a. Teknologi jaringan komputer sangat dibutuhkan dalam dunia usaha dan industry. Karena dengan adanya jaringan komputer, semua dapat dikerjakan dengan mudah, cepat dan tepat. Adapun manfaat jaringan komputer diantaranya sebagai berikut :

a. Membagi sumber daya.

contohnya berbagi pemakaian printer, CPU, memori, harddisk

b. Komunikasi.

contohnya surat elektronik, instant messaging, chatting

c. Akses informasi.

contohnya web browsing

b. System dan struktur jaringan komputer yang ada pada warnet ALIBABA cukup baik, mulai dari akses data maupun akses internetnya. Namu sayang, ternyata masih ada sedikit kelemahannya yaitu, perangkat hardwarenya kurang mendukung. Setelah diamati , ada satu keyboard yang rusak, karena beberapa tombolnya tidak dapat digunakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar